curriculum2curriculum2Tanggal 22 Agustus 2010 lalu, tepat 11 tahun berdirinya PPKIA Tarakan, dengan berbagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan selama ini, sampai telah menjadi sebuah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) yang sebentar lagi telah mengantongi status terakreditasi.

 

Sore pada hari akhir menjelang liburan idul fitri, seluruh staf dan karyawan melakukan pertemuan untuk melakukan rapat evaluasi kurikulum yang telah berulang kali mengalami perubahan semenjak berdirinya pada tahun 2000 lalu, diantara evaluasi tersebut, sisi menarik yang perlu disikapi adalah Tugas Akhir/Skripsi yang mulai semester mendatang 2011 diperbolehkan untuk dikerjakan berkelompok.
Ide untuk melakukan Tugas Akhir atau Skripsi dilakukan berkelompok ini sudah mendapatkan ijin dan masukan dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional yang beberapa hari lalu sempat melakukan visitasi pada Kampus Biru untuk mengamati lebih dekat aktifitas operasional dan administrasi yang terjadi pada kampus.

 

Professor Benny yang saat itu sebagai asesor juga membolehkan tentang aktifitas Skripsi atau Tugas Akhir berkelompok tersebut, dan diberikan saran untuk maksimal dilaksanakan oleh 3 (tiga) orang dan ujian sidang seminar skripsi atau tugas akhir tersebut tetap dilakukan satu-persatu.

 

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Pak Eddy sebagai asesor yang juga pernah menjadi Ketua STMIK di Medan. Bahkan beliau menyampaikan bahwa hal tersebut sudah memiliki dasar hukum yang kuat serta pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Melihat kondisi ini, pihak pengelola Kampus Biru melakukan pertemuan bersama pada sore hari ini (11-Agustus-2011) untuk membahas hal tersebut.

 

Kondisi ini ternyata disetujui oleh hampir seluruh Dosen Tetap dan Karyawan yang hadir pada sore itu dan tinggal melakukan pengukuhan menggunakan Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi untuk membolehkan pelaksanaan kegiatan tersebut.

 

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan sore di bulan ramadhan tersebut diantaranya adalah :
1. Diijinkannya penyelesaian Tugas Akhir atau Skripsi untuk dikerjakan 2 (dua) orang Mahasiswa, dengn bentuk ujian seminar akhir secara pribadi. Namun tidak menutup kemungkinan untuk 1 (satu) orang mengerjakan
2. Digabungkannya Tugas Pemrograman I dan II menjadi satu Tugas Pemrograman saja, dengan konsekuensi Kapita Selekta dan Pemrograman Visual II (Borland Delphi) menjadi matakuliah wajib;
3. Tugas Akhir sudah harus mulai diambil Mahasiswa dengan dikerjakan perlahan sejak semester 4 dan Skripsi untuk S1 sudah dikerjakan perlahan sejak semester 6.

 

Setelah liburan Idul Fitri ini, ketiga hal tersebut dan hal lain sebagai tindakan evaluasi kurikulum akan dirapatkan lebih intensif untuk segera diberlakukan pada tahun ajaran baru 2011 ini bagi seluruh mahasiswa.

 

Semoga dengan evaluasi ini Kampus Biru menjadi semakin baik dan tetap berkualitas, namun tidak akan memberikan jalan pintas.