Program Studi Teknik Informatika (TI) mempunyai kompetensi khusus di bidang sistem autonomous yang salah satunya adalah bidang robotika. Mulai semester 2 (dua) Mahasiswa sudah mulai dikenalkan dengan dunia robotika. Ini merupakan salah satu matakuliah unggulan yang dimiliki oleh STMIK PPKIA khususnya di Prodi TI yang mengajarkan dan memperkenalkan dunia robotika kepada Mahasiswanya. Bidang robotika menurut sebagian orang merupakan matakuliah yang dianggap seram dan terkesan susah. Hal itu dikarenakan belum merasakan langsung sensasi dari pembelajaran robotika ini. “Setelah kami mendapatkan matakuliah robotika ini ternyata sangat menyenangkan. Kami belajar sambil bermain. Kami tidak salah memilih jurusan ini”, Ucap Mahasiswa TI yang telah mengambil matakuliah Pengantar Robotika.

Fun, sangat menyenangkan apabila kita belajar dunia robotika. Inilah yang menjadi salah satu matakuliah unggulan yang dimiliki oleh Prodi TI. Selanjutnya nanti akan menjadi bekal buat para Mahasiswa ini untuk mengembangkan lebih jauh lagi ketingkat pemahaman sistem autonomous berkelanjutan. Internet of Things (IoT) saat ini menjadi sangat populer di dunia teknologi informasi. Bekal materi robotika ini akan menjadi dasar penting para Mahasiswa untuk menjajaki IoT ini. “Harapan kita, dengan belajar sambil bermain, Mahasiswa diharapkan dapat menyukai dunia robotika ini. Banyak hal yang bisa dibuat disini”, Ucap Bp. Haryansyah, Ketua Program Studi Teknik Informatika.

Suasana pembelajaran matakuliah Pengantar Robotika :

Foto : Aksi salah satu robot

Foto : Mahasiswa tampak serius membuat program robot

Foto : Aksi robot berjalan mengikuti garis

Foto : Aksi para robot yang telah diprogram

Foto : Keriuhan mahasiswa mencoba kasus robot yang diberikan.

Pada semester selanjutnya, dengan bekal materi pengantar robotika ini, Mahasiswa Teknik Informatika akan dibekali dengan ilmu yang mendalam dan langsung menyentuh dunia IoT. Matakuliah Interfacing Perangkat merupakan salah satu matakuliah unggulan lain yang dimiliki oleh Prodi TI. Pada matakuliah ini Mahasiswa akan diajak untuk membuat berbagai perangkat sistem autonomous yaitu sistem yang bisa bekerja sendiri. “Segala sesuatu bisa dikendalikan melalui jarak jauh. Sehala sesuatu dapat terhubung ke Internet. Matakuliah ini akan sangat membantu dalam membuat sistem seperti itu.”, Seru Bp. Haryansyah.

Penasaran apa yang bisa dilakukan oleh Mahasiswa Teknik Informatika? Ayo gabung bersama kami…