Sesuai dengan Standar Operasional (SOP) milik Program Studi (Prodi) dengan nomor SOP/WKI/PS/02 tentang Pengelolaan Aktivitas Perkuliahan, pada poin B.2 yaitu tentang Pengawasan dan Evaluasi Dosen dimana Prodi melakukan pengawasan tentang materi perkuliahan yang disampaikan oleh Dosen pengampuh matakuliah yang disesuaikan dengan SAP dan Lembar Kontrol Pengajaran. Selain itu juga dilakukan validasi Soal Ujian yang dikumpulkan sesuai dengan SOP nomor SOP/WKI/PS/03 poin B.1.f oleh tim verifikasi soal yang terdiri dari Ketua Program Studi dibantu oleh Sekretaris Prodi. Validasi soal ini dilakukan guna sinkronisasi materi yang disampaikan dengan soal yang diberikan tentunya disesuaikan dengan SAP dan Lembar Kontrol Pengajaran. Tujuan utama dilaksanakannya sinkronisasi ini agar kualitas pengajaran oleh Dosen pengampuh tetap terjaga dengan baik.

Tim validator terdiri dari Ketua Prodi baik dari Prodi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Manajemen Informatika. Materi perkuliahan yang disampaikan pada saat perkuliahan serta ujian yang diserahkan dicocokkan atau disesuaikan guna menjaga kuliatas pengajaran Dosen. Kegiatan ini dilakukan sejak Selasa, 10 April 2018. Setelah sebelumnya dilakukan pengumpulan Soal ujian paling lambat Senin, 9 April 2018 atau 7 Hari sebelum pelaksanaan ujian sesuai dengan SOP nomor SOP/WKI/PS/03 poin B.1.e yang berbunyi Pengumpulan soal UTS/UAS paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan ujian kepada bagian akademik dan Dosen Pembina Mata Kuliah wajib mengisi presensi penyerahan sol ujian

Foto : Suasana Rapat Validasi Materi Pengajaran dan Soal Ujian

Dari hasil validasi materi dan soal ujian ini, alhamdulillah hasil yang didapatkan 98% sudah sesuai dengan SAP dan Lembar Kontrol Pengajaran. “Ini merupakan hasil yang sangat baik, dimana Dosen telah melaksanakan aktifitas pengajaran dengan baik. Terbukti hasilnya bisa dibilang 98%  sesuai”, Ucap Bp. Haryansyah Ketua Program Studi Teknik Informatika yang menjadi salah satu tim validator. Ketidak sesuaian materi dengan SAP dan Lembar Kontrol Pengajaran selanjutnya dibuatkan berita acara perbaikan dan diserahkan kepada Dosen pengampuh matakuliah untuk ditindak lanjuti.

Semoga kegiatan pengawasan ini dapat memberikan efek positif dengan terciptanya suasana pengajaran yang kondusif dan berkualitas baik, baik dari segi materi maupun Dosen yang mengajar. Terima kasih kepada seluruh Dosen yang telah memberikan materi yang sesuai dengan SAP yang telah disepakati.