Since and Technology Index (SINTA) merupakan sebuah wadah informasi tentang sitasi (citation) publikasi di Indonesia. Melalui website ini para peneliti akan dengan mudah mendapatkan informasi jurnal yang memiliki reputasi yang baik sehingga dapat menjadi acuan dalam memilih tempat publikasi bagi para peneliti. Selain itu melalui media informasi ini juga akan menunjukkan reputasi kampus seluruh Indonesia dalam hal penelitian. Kementrian riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Ristekdikti) menjadikan SINTA ini untuk melihat informasi seberapa baik sebuah kampus dalam hal penelitian dan publikasi. Kedepannya semua akan terintegrasi melalui media ini. Seperti Simlitabmas, Arjuna, PDDIKTI, Risbang, Scopus dan Google Schoolar akan terintegrasi dan dapat diakses melalui halaman resmi SINTA (http://sinta.ristekdikti.go.id)

Beberapa faktor yang menyebabkan update data penelitian dan publikasi oleh Dosen melalui akun SINTA terkendala adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan akun yang terverifikasi oleh Administrator SINTA. Hal ini dikarenakan banyaknya kampus di Indonesia yang mengajukan atau membuat akun SINTA ini terutama para Dosen dan peneliti sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan verifikasi. Ada banyak hal yang dicek dalam proses verifikasi akun SINTA ini. Oleh karena itu, untuk mencegah lamanya proses verifikasi akun SINTA, baru-baru ini kemenristekdikti melakukan terobosan baru yaitu dengan mengundang perwakilan masing-masing kampus untuk menjadi verifikator di masing-masing kampusnya. Dengan cara ini para Dosen maupun peneliti tidak lagi harus menunggu lama dalam verifikasi akun SINTA. Cukup melalui verifikator dari masing-masing kampus.

STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati juga telah mengirimkan perwakilan untuk menjadi verifikator akun SINTA ini. Bpk. M. Hafid S.Kom ditunjuk mewakili STMIK PPKIA untuk menjadi verifikator akun SINTA. Dalam sosialisasinya setelah mengikuti pelatihan verifikator tersebut, Bpk. Hafid menghimbau kepada seluruh Dosen di lingkungan STMIK PPKIA untuk segera mendaftar akun SINTA agar dapat segera di verifikasi dan dapat langsung melakukan publikasi informasi penelitian yang dimiliki. “Setiap Dosen yang wajib memiliki akun SINTA ini untuk dapat mempublish informasi penelitian yang dimiliki”, Ucap Bpk. Hafid dalam kesempatan sosialisasi akun SINTA kepada seluruh Dosen STMIK PPKIA.

Galeri :

Foto : Pemaparan Bpk. Hafid terkait akun SINTA

Foto : Seluruh Dosen dilibatkan dalam sosialisasi

Foto : Bpk. Hafid menunjukkan cara pendaftaran dan verifikasi akun SINTA

Foto : Penjelasan lanjutan tentang akun SINTA

Penilaian reputasi penelitian dari SINTA ini nantinya akan dilihat berapa banyak penelitian/publikasi serta sitasi yang didapatkan dari masing-masing penelitian yang dilakukan Dosen. Tentunya ini juga akan menjadi nilai tambah bagi Dosen yang bersangkutan dalam hal pengurusan kepangkatan, karena nantinya semua akan dicek melalui SINTA ini. “Acuan kemenristekdikti nanti semuanya melalui SINTA”, Tegas Bpk. Hafid.

Pada kesempatan tersebut, semua Dosen langsung mempersiapkan akun dan mendaftarkannya kedalam SINTA dan langsung diverifikasi oleh Bpk. Hafid. Semoga dengan ini kita dapat mewujudkan kampus yang semakin hari semakin baik dalam hal penelitian.

Jayalah STMIK PPKIA…