Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 untuk wilayah Regional 4 akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 3 Mei 2018 di Politeknik Negeri Malang (Polinema). Tim Robot STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati telah berbagai persiapan mulai bulan 12 (Desember) 2017 untuk seleksi proposal dan bulan 3 (Maret) seleksi kemajuan sampai pada akhirnya lomba tingkat regional pada bulan 5 (Mei). Hari ini, Sabtu 28 April 2018 tim telah bertandang ke Malang Jawa Timur untuk mengikuti kontes bergengsi tersebut. Persiapan matang telah dilakukan sebelumnya. Selama 5 (lima) bulan lamanya semua tim bekerja bersama mempersiapkan robot yang dipertandingkan­­. Ada 3 (tiga) kategori lomba yang diikuti pada KRI tahun 2018 ini. Tiga kategori tersebut diantaranya : Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

 

Keikutsertaan STMIK PPKIA dalam ajang KRI ini bukan pertama kalinya. Sejak tahun 2010 sudah mulai berkiprah dalam dunia robotika dengan mengikuti lomba tingkat regional di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Prestasi pertama mulai ditorehkan pada tahun 2011 di Universitas Tadulako Palu dengan berhasil meraih juara I Robot Pemain Bola dan Juara II Robot Pemadam Api serta Juara Desain Terbaik. Prestasi tersebut telah diraih 5 tahun berturut-turut. Pada tahun 2017 sempat vakum dan tidak mengikuti lomba, sehingga pada tahun ini tim robot STMIK PPKIA kembali akan “beraksi” pada ajang kontes yang diikuti oleh seluruh kampus di Indonesia yang berada dibawah naungan Kemenristekdikti. Selama 5 bulan persiapan, sampailah pada hari keberangkatan.

 

Tim Robot STMIK PPKIA satu-satunya tim yang mewakili Kalimantan Utara dalam Kontes tahunan ini. Berikut persiapan tim robot menjelang keberangkatan.

Foto : Tim fokus pada pembuatan kode program

Foto : tampak salah satu anggota tim mengecek bola untuk KRAI

Foto : Pembuatan kode program untuk KRAI

Foto : Robot otomatis KRAI

Foto : Pembuatan kode program robot penari

Foto : Pembuatan kode program robot pemain bola

Keberangkatan

Foto : tim melakukan foto bersama didepan laboratorium riset robotika STMIK PPKIA

Foto : Tim melakukan foto bersama di Bandara Juwata Tarakan menjelang keberangkatan

 

Selamat berjuang “Tim Robot” Kampus BIRU. Kembali harumkan nama STMIK PPKIA, Tarakan dan Kalimantan Utara. “Kami akan berjuang semaksimal mungkin untuk memenangkan pertandingan ini”, Ujar Bpk. Okky Herodion Simung, S.Kom, pembimbing tim KRAI. Hal ini juga diamini oleh Bpk. Denis Prayogi, S.Kom selaku pembimbing tim robot KRSBI dan KRSTI.

 

Salam Robotika