Mahasiswa Teknik Informatika STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika telah menyelesaikan sebuah pekerjaan besar yaitu pengabdian kepada masyarakat. Sasaran yang dituju adalah anak-anak putus sekolah yang ada di daerah Tanjung Pasir Tarakan Kalimantan Utara. Menurut informasi yang diperoleh bahwa banyak anak-anak di daerah tersebut putus sekolah. Bukan karena kurangnya biaya yang mengakibatkan anak-anak tersebut putus sekolah, namun faktor lingkungan. Tingginya pendapatan ekonomi masyarakat di daerah ini membuat para orang tua lebih membiarkan anaknya mencari uang ketimbang belajar. Hal ini membuat sekumpulan anak-anak Teknik Informatika (TI) STMIK PPKIA tergerak hatinya untuk dapat membantu anak-anak tersebut sehingga mempunyai semangat belajar kembali dan mau kembali bersekolah.

Selain hal tersebut, beberapa permasalahan lingkungan juga tak luput dari perhatian. Seperti sarana air bersih yang tergolong susah di daerah tersebut. Hal ini diakui oleh salah satu Ketua RT 17 Bpk. Udin (panggilan akrab). “Kehadiran mahasiswa-mahasiswa ini sangat membantu kami disini. Baru kali ini ada Mahasiswa yang benar memberikan manfaat kepada masyarakat”, seru Bpk. Udin.

Ketua RT. 17 Tanjung Pasir

Tepat 10 Bulan pengabdian Mahasiswa TI ini membina anak-anak di daerah Tanjung pasir. Tiba masanya pelepasan dan perpisahan. Sebagai kegiatan perpisahan, para Mahasiswa ini mengadakan acara lomba futsal dan cerdas cermat sebagai bentuk keakraban. Kegiatan ini didukung dari berbagai pihak, diantaranya Radar Tarakan, Orion Computer, Pemerintah Kelurahan Tanjung Pasir, Ketua RT 17, 18, 19, 20 dan 21. Hal ini ditandai dengan kehadiran semuanya pada acara penutupan ini. Tahap awal, difokuskan di RT. 17. Setelah ini, mereka berencana bergerak ke RT yang lain.

Dalam kegiatan yang dilakukan bertajuk Bina Desa, ada banyak aktifitas pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak, mulai dari belajar bersama sampai permainan yang mengedukasi. Para Mahasiswa ini juga memberikan pengenalan teknologi kepada anak-anak ini agar dapat memanfaatkannya untuk untuk hal-hal yang positif. Dengan kegiatan-kegiatan seperti itu, anak-anak ini mulai teralihkan untuk melakukan hal-hal yang negatif.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh Mahasiswa dan pembimbing atas ketulusan hati memberikan perhatian kepada anak-anak di Tanjung Pasir ini, semoga hal baik ini bisa terus berlanjut dan tidak berhenti sampai disini.”, Ucap Bpk. Lurah Tanjung Pasir dalam sambutannya. Hal tersebut senada dengan sambutan ketua RT. 17 sebelumnya.

Lurah Tanjung Pasir

Terima kasih anak-anakku. Terus berkarya dan memberikan manfaat yang sebesar besarnya kepada masyarakat.

 

Galery Kegiatan :